Mon. Dec 10th, 2018

Warga Gunung Merlawan Temukan Bunga Bangkai Setinggi Satu Meter

Medan | Bunga bangkai merupakan tumbuhan langka yang sangat jarang ditemui. Jadi tak heran, jika di satu tempat muncul bunga ini, banyak masyarakat yang datang untuk sekadar melihat ataupun melakukan penelitian.

Di Desa Gunung Merlawan, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara misalnya. Di dekat pinggiran hutan, warga menemukan bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus. Tumbuhan menawan yang mengeluarkan aroma busuk ini ditemukan Jumat (2/3/2018) sore oleh warga yang baru saja pulang dari hutan. Sekretaris Desa Gunung Merlawan, Sarimin Purba mengatakan, bunga bangkai yang ditemukan itu tingginya satu meter.

“Ini sudah yang kelima kalinya tumbuh di desa kami. Biasanya, bunga bangkai yang tumbuh di desa kami bisa mencapai dua meter,” kata Sarimin. Sejak tahun 2013, memang kerap ditemui bunga bangkai. Rata-rata, bunga yang masuk dalam klasifikasi talas-talasan ini ditemukan di dalam hutan. “Mungkin karena di desa kami masih subur, makanya sering dijumpai. Tiga atau empat hari lagi, bunga bangkai yang masih kuncup ini kemungkinan akan mekar,” kata Sarimin.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *