Wed. Apr 24th, 2019

Kumpulan Seniman Berharap Djarot Bangkitkan Gairah Generasi Muda Berkesenian

Medan | Menyadari Calon Gubernur Djarot Syaiful Hidayat peduli akan karawitan Jawa, kumpulan seniman Jawa Sumatera Utara memberikan dukungannya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Soetarto menjelaskan dukungan datang dari seniman di Simalungun, Serdangbedagai, Deliserdang, Binjai, Langkat, Labuhan Selatan, Padanglawas Utara dan Medan.

“Awalnya dalam rangka silaturahmi, lalu para saudara-saudara seniman Jawa dari berbagai keahlian memberikan ikrar dukungan,” ujarnya, Minggu (11/3/2018). Menurut Soetarto pertemuan yang diselenggarakan Sabtu (10/3/2018) lalu, seniman tersebut terdiri dari dalang, gamelan, kuda kepang, reog dan lainnya. Politisi PDI Perjuangan itu menilai, para seniman Jawa sadar bahwa Djarot peduli dengan kesenian Jawa dan akan melestarikannya apabila terpilih nanti.

“Mereka juga melihat rekam jejak Djarot saat menjabat Wali kota, Wakil Gubernur dan Gubernur,” katanya. Soetarto menuturkan para seniman mengkhawatirkan kesenian Jawa di Sumatera Utara semakin surut ke belakang dan dalam kondisi mengkhawatirkan.

Pada pertemuan yang diadakan di Jalan Bromo itu menurut Soetarto, para seniman memberikan apresiasinya tentang organisasi induk yang mewadahi semua kerawitan Jawa. “Mereka berharap Djarot sebagai putra Jawa yang melek seni dapat membangkitkan kegairahan generasi muda Jawa dalam berkesenian,” katanya. Soetarto berharap dengan adanya pemberian ikrar pada pasangan Djarot-Sihar, masyarakat Jawa kompak dalam menyukseskan pilkada Sumut ke depan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *