Mon. Dec 10th, 2018

Curah Hujan Tinggi di Karo, BMKG Minta Waspadai Banjir Lahar Dingin Gunung Sinabung

Medan | Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 memprediksi beberapa hari ke depan intensitas curah hujan di Kawasan Gunung Sinabung tinggi, untuk itu diingatkan kepada warga untuk mengantisipasi bencana lahar dingin.

Stakeholder yang menangangi bencana seperti Pemprov Sumut melalui BPBD dan Pemkab di sekitar kawasan Gunung Sinabung diminta untuk lebih tanggap dan menyebarluaskan informasi ini.

“Informasi ini sangat mendukung bagi kesiapan pihak BPBD terkait rekomendasi yg telah dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG),” ujar Edison Kurniawan, Kepala Balai Besar Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1, Sabtu (3/3/2018)

Adapun rekomendasi yg telah dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), kata Edison yaitu, masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar. Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus.

“Penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir,” ujar Edison.

Ia pun BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar/banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

“BMKG akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dg seluruh pihak terkait termasuk penyediaan informasi prakiraan cuaca di kawasan sinabung dalam mengantisipasi bancana hidrologis,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *